
4 KANAL FACEBOOK MARKETING
Facebook marketing merupakan cara yang bagus untuk mengenalkan bisnis atau produk kamu. Facebook, dengan jutaan active user per harinya dan segmen audience yang beragam, seperti pendidikan, pekerjaan, umur, hobi dan lokasi, kamu bisa mentarget calon konsumen yang sesuai dengan produk atau jasa kamu.
Facebook menyediakan beberapa alat yang bisa kamu manfaatkan untuk mengenalkan bisnis atau produk/jasa kamu seperti Facebook Ads, Facebook Page, Facebook Groups, Facebook analystic dan Facebook Graph untuk searching informasi dalam facebook untuk mendukung aktivitas marketing kamu.
Masing-masing alat tersebut mempunyai fungsi berbeda yang bisa saling melengkapi satu sama lain nya.
1. Facebook ads.
Facebook ads merupakan media advertising berbayar milik facebook. Dengan facebook ads kamu bisa memilih target pasar yang sesuai dengan karakteristik peruntukan produk kamu. Kebebasan menentukan karakteristik target pasar yang disediakan pada facebook ads memberi kamu ruang dalam menyelaraskan marketing strategy dan pemilihan segmen pasar untuk produk atau bisnis yang kamu miliki.
Adanya fungsi pemilihan kriteria target pasar pada Facebook ads membuat FB ads sebagai jembatan penghubung antara produsen/business owner atau produk/jasa dengan konsumen menjadi pilihan menarik dibandingkan dengan media advertising lain nya seperti google adword.
Agar marketing campaign menggunakan facebook ads efektif, kamu perlu memahami karakteristik produk/jasa yang akan dijual dan memahami karakteristik target pasar (persona market) kamu seperti : umur, pendidikan, lokasi, gender, interest.
2. Facebook Page.
Facebook page merupakan template yang disiapkan oleh facebook untuk display bisnis, personal profile atau produk di Facebook. Kamu bisa membuat akun untuk facebook page secara gratis. Pada facebook page ini kamu bisa mendeskripsikan produk/bisnis/profile secara detil agar target pasar yang kamu bidik mudah memahaminya.
Kamu bisa posting content marketing kamu pada facebook page ini untuk membangun engagement dengan potential konsumen kamu. Semakin tinggi engagement viewer dengan postingan kamu semakin tinggi peluang bisnis/produk/jasa/personal profile kamu dikenal oleh banyak orang yang pada akhirnya akan memperbuat brand image bisnis/produk/jasa/personal profile kamu.
Untuk itu memposting materi yang sesuai dengan interest atau keperluan target pasar kamu adalah hal yang niscaya dilakukan agar engagement facebook page dengan viewer tinggi. Kamu perlu melakukan research tentang materi seperti apa yang sesuai dengan target market kamu.
Kamu bisa mempelajari dan mencontoh content materi page yang mirip dengan page yang kamu bikin atau mencari posting viral atau mempunya potensial viral sebagai insight untuk konten materi page kamu.
3. Facebook Groups.
Facebook group merupakan salah satu fungsi yang disediakan Facebook untuk orang-orang yang mempunyai interest yang sama berdiskusi atau bertukar pikiran. Ada banyak groups di facebook dengan berbagai interest yang dapat memberi manfaat buat kamu.
Kamu bisa memanfaatkan facebook group untuk mengenalkan bisnis/produk/jasa atau keperluan branding diri kamu sendiri. Dengan interest yang spesifik di tiap group, memudahkan kamu dalam membidik target market yang sesuai dengan bisnis/produk/jasa atau personal branding kamu. Kamu bisa membuat sendiri group diskusi ini atau bergabung dengan group diskusi yang sudah ada.
4. Facebook Graph.
Facebook graph merupakan fungsi yang disediakan untuk pencarian informasi didalam facebook. Fungsi ini mrip google search hanya bedanya facebook graph mencari informasi terbatas pada lingkup facebook database.
Fungsi graph ini memudahkan kamu dalam melakukan market research untuk keperluan bisnis kamu, mencari orang untuk karyawan, teman lama, membangun jejaring, untuk mencari content material untuk postingan kamu, atau untuk mencari tahu lebih dalam kompetitor kamu.
Ada beberapa aplikasi yang memanfaatkan fungsi graph ini yang memudahkan user dalam penggunaan nya.
t.me/tipselling : Tips Setia Jualanmu
Semoga Bermanfaat.
0 Reviews:
Posting Komentar